Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan pada tahun ajaran 2013/2014 ini. Untuk SMK dimulai dari kelas X tahun ajaran baru ini. Sekolah-sekolah yang harus melaksanakan kurikulum 2013 juga telah dipilih. Dengan adanya penggantian kurikulum juga terjadi penggantian atau bahkan pengurangan mata pelajaran. Contohnya untuk SMK adalah Mapel Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi atau sering juga disebut KKPI.
Karena pada kurikulum 2013 ditiadakan maka pengganti Mata Pelajaran KKPI di kurikulum 2013 adalah Simulasi Digital.
Mata pelajaran “Pengelolaan Informasi” yang terdapat pada struktur kurikulum 2013 untuk Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, akan digantikan oleh Mata Pelajaran Simulasi Digital, dengan bobot yang sama. Sedangkan untuk jurusan TIK, jam untuk mata pelajaran ini akan dipecahkan dari mata pelajaran tertentu yang memiliki jumlah jam yang relatif “Gemuk”.
Mata Pelajaran Simulasi digital ini rencananya pada awal penerapan Kurikulum 2013 wajib diterapkan kepada seluruh SMK Invest. Dan para guru yang akan mengajar mata pelajaran simulasi digital ini adalah Mantan Guru KKPI yang telah memiliki sertifikat kompetensi Simulasi Digital (dilakukan diklat terhadap mantan guru KKPI).
Beberapa konten materi Simulasi Digital sebagai berikut :
Pembelajaran Kolaboratif
Digital Book
Komunikasi dan Interaksi online
Video Editing
Simulasi Visual
Informasi tentang adanya pengganti Mapel KKPI mungkin akan membuat para guru KKPI menjadi lega. Namun dengan adanya mapel Simulasi Digital yang tergolong sangat baru, membuat kita para guru KKPI belajar lagi. munkin informasi ini dapat untuk meraba-raba apakkah itu Simulasi Digital Pengganti KKPI?
Berikut ini Kutipan Standar Kompetensi Kompetensi Dasar SKKD Simulasi Digital Pengganti KKPI;
1. Melaksankan Pembelajaran Kolaboratif
- Mengidentifikasi Jejaring Sosial Pendidikan
- Melakukan Pendaftaran
- Menfaatkan Fitur
- Melaksankan Ujian Online Bersama
Sumber belajar : Edmodo, Moodle, BBB, Facebook, Buku Seadunet 2.0 dll
2. Menformat materi dalam bentuk digital
- Mengidentifiasi materi digital
- Mengidentifikasi persyaratan hardware
- Menformat materi digital
- Mengidentifikasi jenis aplikasi untuk pembuatan materi bentuk digital
- Menggunakan aplikasi untuk membuat materi digital
- Membuat materi dalam bentuk digital
Sumber belajar : Calibre, Sigil, Flibook, Kwisoft, Buku Seadunet 2.0 dll
3. Melaksankanan interaksi dan komunikasi secara online
- Menjelaskan interaksi online
- Menjelaskan komunikasi online
- Menjelaskan jenis layanan aplikasi komunikasi online
- Menjelaskan persyaratan penggunaan layanan palikasi
- Memanfaatkan fitur layanan komunikasi online
- Melakukan interaksi dan komunikasi secara online
Sumber belajar : Skype, Facebook, Google+, Buku Seadunet 2.0 dll
4. Membuat materi dalam bentuk video
- Mengidentifikasi jenis materi audio visual
- Mengidentifikasi Jenis aplikasi pembuat materi bentuk audio visual
- Menjelaskan persyaratan kebutuhan hardware
- Menggunakan aplikasi editing video
- Melakukan proses render menjadi bentuk video
Sumber belajar : Movie Maker, Ulead, Pinacle, Adobe Premiere, Buku Seadunet 2.0 dll
5. Membuat materi dalam bentuk simulasi visual
- Menjelaskan konsep simulasi visual
- Mengidentifikasi jenis simulasi visual
- Membuat simulasi visual
- Mempublikasikan simulasi visual
Sumber belajar : Blender, Skecthbook, 123D Catch, 3DsMax, Adobe Flash, Adobe After Effect, Cinema 4D, Lightwave, Softimages, Copper Cube, Buku Seadunet 2.0 dll
Semoga bermanfaat :)
0 komentar:
Posting Komentar