Minggu, 17 Agustus 2014

Tips merawat kamera yang baik

Kata Orang Bijak, Merawat lebih baik dari Pada memperbaiki. Mau ngak mau bagi pemula yg mulai menyukai kamera, dia harus membiasakan merawat kameranya. Untuk merawat kamera tidak perlu sampai harus membeli lemari penyimpanan khusus. Asal kita konsisten kita akan mendapatkan hasil yg tdk mengecewakan. Saya anjurkan jangan memakai lampu pijar kecil mengingat suhu akan naik dan berakibat kepada system kedap cahaya kamera seperti karet, beludru, dll. Saya mencoba menawarkan kiat sederhana penyimpanan

1. Kamera dibongkar setiap kali habis hunting / dipakai dan dibersihkan satu persatu dari debu, minyak, air, keringat, dll. Lepaskan pula baterai dari body.

2. Jangan pernah menyimpan kamera bercampur dgn baju / pakaian. Hal ini karena biasanya suasana tempat penyimpanan baju lembab dan juga biasanya lemari baju ditaruh Kapur barus yg uapnya dapat merusak lensa.

3. Pilih penyimpanan kamera di ruangan yg ber AC. Hal ini karena AC menyebabkan kelembaban ruangan tersebut turun.

4. Pergunakan container yg tahan air seperti Tapperware untuk penyimpanan kamera. (Test uji kebocoran kalau perlu)

5. Beli Silica Gel yang literan / kiloan di Toko Kimia. Warna aktif adalah biru dan warna jenuh adalah merah muda. Tempatkan silica gel ini kedalam tempat film 35mm yg sudah tdk terpakai dgn terlebih dahulu membuat lobang pernapasan secukupnya di tempat tsb. Maksudnya agar silica gel dgn aktif dapat menyaring butiran air yg ada di dalam udara container tsb.

6. Bila sudah jenuh, silica gel dapat dipanggang diatas kompor gas guna memaksa butiran air menguap. Silica gel yg telah aktif akan kembali berwarna biru gelap. Tunggu sampai dingin dan masukkan kembali kedalam tempatnya. Saya memanggangnya diatas loyang datar utk membuat kue.

7. Lakukan memanggang silica gel ini setiap kali warna telah berubah menjadi dominant merah muda (Kira kira 2 bulan sekali tergantung jumlah silicagel yg ada). Proses ini bisa dilakukan sampai puluhan kali tanpa mengurangi kualitas daya serap.


Semoga tips ini bermanfaat bagi rekan yg baru belajar. Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar